Kamis, 03 Maret 2011

Cerpen !

"Harta Karun"

     Al kisah dahulu kala ada sebuah Negri yang termansyur. Di Negri itu hiduplah seorang saudagar yang kaya raya. Saudagar tersebut bernama Karun. Karun adala seorang yang ulet dan rajin bekerja.
     Pada awalnya Karun adalah seorang yang dermawan. suka membantu ketika kawan dan sahabanya membutuhkan. Suatu ketika ada sahabat yang datang dan menggeluh karena usaha dagannya merugi hingga habis harta bendanya  untuk membayar hutang. Lalu Karun Pum memberikan sebagaia daganganya untuk di jadikan modal agar sahabanya dapat berdagang kembali, dan ketika ia telah berhasil ia pun menggembalikan daganya yang di pinjamkan oleh Karun dan ia pun tetep bekerja sama usaha dagang dengannnya.  Begitu sifat baik Karun hingga banyak orang yang enang berkerja sama dengannya. Dalam kurun waktu yang singkat Karun pun menjadi Saudagar yang kaya raya, dan ternmansyur di pelodsok Negri. Hartanya melimpah Ruah, Emas, Perak, Permadani dan harta lainya yang bertumpuk-tumpuk di gudang yang sangat banyak. Karena banyaknya harta, konon kunci gudang hartanya tidak akan kuat di pukul oleh beberapa orang pembantunya.
     Namu lambat laun Karun menjadi sombong dan tidak bersyukur kepada Allah SWT. Ia menjadi tidak dermawan lagi, dan melupakan sedekah kepada fakir miskin. Ia merasa bahwa hartanya di dapat dari hasil keringatnya sendiri, melainkan bukan nikmat dari Allah SWT kepadanya.
     Hingga suatu hariia di hukum oleh Allah SWT , Karun dan seluruh gudang hartanya tengelam di telan Bumi, hingga tidak sedikitpun yang tersisa.
     Karun dan hartanya kini hanya tinggal sebuah cerita belaka. Karena kisah ini sering apabila orang menemukan harta atau benda berharga dari dalam tanah. maka di sebutlah "HARTA KARUN"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar